Selasa, 02 Juli 2013

MENGHITUNG KARKAS




MENGHITUNG KARKAS

Menghitung karkas untuk kurban Sapi
Menghitung berapa daging yang akan dihasilkan oleh seekor ternak. Sebab, sasaran kita kepada berapa orang daging ini akan dibagikan.
Caranya adalah sebagai berikut : Seekor sapi akan mampu menghasilkan karkas (tulang daging, tanpa kepala, kaki, kulit dan jeroan) sekitar (49 – 57) % dari berat hidup. Jika kita membeli seekor sapi dengan berat badan 400 kg, maka akan memperoleh karkas sekitar (196 -228) kg. Dari sejumlah ini, akan mampu dihasilkan daging tanpa tulang (boneless) sekitar  75 % dari berat karkas atau sekitar (147 – 170) kg. Belum termasuk jeroan, kaki dan kepala. Berat daging yang diperoleh sangat tergantung pula kepada perlakuan yang diberikan oleh kita selama sapi tersebut belum dipotong. Akibat jeleknya perlakuan sebelum dipotong, biasanya dapat menurunkan (susut berat badan) sampai dengan 5% dari berat badannya, bahkan bisa lebih tinggi lagi. Bila kita konversikan penyusutan 5 % dari berat sapi 400 kg, sekitar 20 kg berat hidup dengan nilai uang sebesar  20 Kg x Rp. 22.000,00 = Rp 440.000,00 per ekor (asumsi harga sapi saat Iedul Adha Rp. 22.000,00/kg berat hidup).  Nilai yang cukup besar dari penyusutan ini hilang begitu saja. Jika ternak diperlakukan dengan baik, manfaat yang sebesar itu akan dapat dinikmati oleh banyak orang. Seandainya, kita akan membagikan kepada yang berhak menerima daging qurban per bungkus per orang seberat 1 kg daging ditambah jeroannya, maka dari seekor sapi dengan berat badan 400 kg akan diperoleh sekitar (147 ) 170) bungkus.

Menghitung karkas untuk kurban Domba
Dengan cara perhitungan yang sama, tetapi koefesien teknis yang berbeda, seekor domba/kambing dengan berat hidup sekitar 40 kg (termasuk kelas A, pada Iedul Adha), akan menghasilkan karkas sekitar (41-49) % dari berat hidupnya atau sekitar (16,4 -19,6) Kg. Dari sejumlah tersebut diperoleh daging
(boneless) sekitar 75 % dari berat karkas atau menghasilkan daging tanpa tulang sekitar (12,3 – 14,7) kg.  Seandainya, patokan pembagian daging qurban yang digunakan daging per bungkus seberat satu kg, maka untuk seekor domba/kambing, dengan berat hidup sekitar 40 kg akan diperoleh sekitar (12 -
15) bungkus daging.

Teknik menaksir ternak
Cara penjualan ternak qurban umumnya dilakukan secara berat taksir kadangkala ada pula yang memberikan dengan harga timbang hidup. Untuk ini, harus dipertanyakan kapan dan dimana ditimbangnya. Sebab, selama proses penjualan ternak tersebut akan terjadi penyusutan, yang dapat mencapai lebih dari 10 %. Bagi orang awam sangat sulit menentukan tepatnya berat hidup berdasarkan nilai taksir penjualan. Untuk mengetahui berapa berat sebenarnya ternak yang kita beli, tidak ada jalan lain kecuali harus ditimbang. Kita dapat memperolehnya pada perusahaan peternakan atau pedagang yang menjual ternak qurban dengan timbangan hidup. Cara ini lebih menjamin konsumen, sehingga kita dapat memperkirakan berapa daging yang akan dihasilkan dari ternak yang dipotong.
Dengan memperoleh angka taksiran bobot hidup, maka persentase karkas dan daging dapat segera diketahui. Karkas sapi berkisar 47-57 persen dari bobot hidupnya dan daging 75 persen dari karkas. Karkas adalah potongan daging tulang tanpa kepala, kaki, kulit dan jeroan. Untuk domba persentase karkasnya sekitar 45 persen dan dagingnya 75 persen dari karkas.

17 komentar:

  1. Artikelnya bermanfaat sekali menambah wawasan kita tentang cara mengukur karkas (daging) sapi. Ini harus dibaca untuk pengusaha daging sapi segar.

    Saya sangat menyarankan untuk selalu membaca postingan mitraternaksit.blogspot.co.id dan selain itu juga bisa di omkicau.com , peternakhebat.com dan faterna.com

    Semoga Sukses

    BalasHapus
  2. Trimakasih info penting ini pak

    BalasHapus
  3. Trimakasih info penting ini pak

    BalasHapus
  4. Bagus buat tambah wawasan, khususnya buat panitia qurban dan juga pedagang daging. Barokallah,....
    Arief.G

    BalasHapus
  5. Bagus buat tambah wawasan, khususnya buat panitia qurban dan juga pedagang daging. Barokallah,....
    Arief.G

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah semoga ilmu nya berkah

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah smg bermanfaat untuk kita semua

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas artikelnya, bermanfaat sekali terutama saat qurban

    BalasHapus
  9. Terimakasih postingannya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  10. Terimakasih postinganya. Semoga jadi ladang pahala anda

    BalasHapus
  11. Trimksh postinganya alhamdulillah bermanfaat

    BalasHapus
  12. wah postingan yg sangat terinspirasi

    BalasHapus
  13. Terimakasih, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  14. head titanium ti s6 - TiTi Titanium Art
    A head titanium titanium titanium is titanium belt buckle the perfect fit apple watch titanium for those who have been looking titanium bracelet for titanium dive knife a suitable design to fit titanium 3d printer for their needs.

    BalasHapus